Bagaimana Merawat Toyota Innova Agar Tetap Awet Dan Nyaman Dipakai?

Akhir-akhir ini, mobil jenis MPV semakin digemari masyarakat. Selain karena bisa digunakan sebagai mobil keluarga, mobil seperti Innova juga bisa digunakan untuk mengangkut banyak barang. Oleh sebab itu, tidak heran jika mobil dengan transmisi matik ini menjadi salah satu mobil favorit masyarakat Indonesia.

Cara praktis merawat Innova

Semakin tua usia mobil maka semakin banyak masalah yang timbul. Bahkan, mobil seperti Toyota Innova generasi pertama yang dikenal memiliki performa bagus juga sekarang dijual murah. Oleh sebab itu, mobil perlu dirawat secara rutin agar mesinnya tetap bagus. Lalu, apa saja cara praktis untuk merawatnya? Mari perhatikan hal-hal berikut.

1. Mengganti oli secara rutin

Oli merupakan salah satu bagian vital bagi mobil. Cairan ini berguna untuk melindungi mesin mobil saat digunakan. Oleh sebab itu, oli harus sering secara rutin setidaknya tiap melewati 50.000 km. jika tidak maka mesin mobil akan cepat aus.

Selain mengganti secara rutin, kualitas oli yang digunakan juga perlu diperhatikan. Gunakan oli baru dengan kualitas baik untuk mobil Anda. Jangan sampai Anda justru malah menggunakan oli palsu yang bisa membuat mesin cepat panas dan rusak.

2. Memanaskan mobil

Sebisa mungkin usahakan untuk memanaskan mobil setiap pagi setidaknya selama 10-15 menit. Meskipun mobil sedang tidak dipakai tapi kegiatan ini tidak boleh dilewatkan. Sebab, memanaskan mobil bisa mengurangi risiko kerusakan pada mesin.

3. Melakukan pengecekan rutin

Salah satu cara untuk mengecek apakah mobil mengalami kerusakan atau tidak adalah dengan mencoba mengendarai mobil seperti biasa selama beberapa saat dengan menggunakan mode matik. Teliti kondisi mobil saat sedang berjalan untuk mengidentifikasi jika ada hal-hal yang tidak biasa.

Beberapa contohnya adalah posisi persneling yang bergeser dan ada suara bergetar dari dalam mesin mobil. kedua hal tersebut menandakan jika mesin mobil sedang bermasalah dan butuh perawatan di bengkel.

4. Service secara berkala

Service secara berkala di bengkel terpercaya tentu menjadi hal yang wajib. Karena dengan begitu mobil akan tetap bisa berfungsi dengan baik dan tidak sering mogok apalagi mobil matik seperti Innova. Mobil seperti ini sangat membutuhkan pembaharuan setiap kali service agar tetap nyaman digunakan.

Sayangnya, mengingat saat ini masih dalam situasi pandemi maka akan lebih baik jika Anda tidak terlalu sering keluar rumah. Sebagai gantinya, Anda bisa memanggil jasa Toyota home service untuk melakukan pemeriksaan rutin. Saat ini, layanan home service dari Toyota sudah banyak disediakan terutama di kota-kota besar.

5. Membersihkan interior secara rutin

Selain bagian mesin, interior mobil juga perlu dibersihkan secara teratur terutama di masa pandemi seperti sekarang. Jika memungkinkan Anda bisa membersihkannya sendiri menggunakan penyedot debu dan disinfektan. Namun, jika bagian dalam mobil sudah sangat kotor dan membutuhkan pembersihan ekstra sebaiknya gunakan jasa profesional.

Perawatan lebih di musim hujan

Karena cukup rawan banjir maka perawatan mobil saat musim hujan tentu saja berbeda dengan perawatan saat musim kemarau. Mobil di musim hujan perlu perawatan ekstra agar tidak mogok akibat mesin terkena air.

Menurut beberapa ahli, salah satu cara yang cukup efektif dan praktis dilakukan adalah dengan memasang terpal atau sejenisnya ketika mobil sedang tidak digunakan. Hal ini bertujuan untuk melindungi mobil dari tetesan air hujan yang bisa menimbulkan bekas di kaca atau bahkan membuat genangan di atap mobil.

Hal ini selain menimbulkan ketidaknyamanan juga cukup membahayakan pengemudi sebab bekas tetesan air di kaca bisa menghalangi pemandangan saat menyetir. Oleh sebab itu, selain dilindungi dengan terpal ada baiknya juga Anda lebih sering membersihkan body mobil saat musim hujan.

Selain itu, hujan juga membuat bagian interior mobil cepat kotor akibat tanah serta kotoran yang menempel. Jika dibiarkan maka kotoran akan semakin menumpuk dan sulit dibersihkan. Selain itu, bagian dalam mobil yang kotor bisa membuat penumpangnya mudah terserang penyakit.

Maka dari itu, saat musim hujan Anda disarankan untuk lebih sering mencuci atau setidaknya mengganti karpet mobil. bila perlu, Anda bisa memasang pengharum ruangan atau tempat sampah mini di dalam mobil mengingat mobil Innova bisa menampung banyak penumpang. Dengan begitu, bagian dalam mobil akan tetap bersih dari sampah.