3 Jenis Gangguan Kesehatan Mental, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Kesehatan mental merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Dengan kesehatan mental yang baik, seseorang dapat menghadapi berbagai masalah dan tekanan yang terjadi pada hidupnya.

Berkaitan dengan kesehatan mental, di bawah ini akan dijelaskan beberapa hal mengenai jenis-jenis gangguan kesehatan mental, penyebab, cara mengatasi, dan cara menjaga kesehatan mental agar bisa cepat melakukan antisipasi.

Jenis Gangguan Kesehatan Mental

Gangguan kesehatan mental perlu mendapatkan perhatian lebih

1. Gangguan suasana hati

Jenis gangguan kesehatan mental yang pertama adalah gangguan suasana hati. Ciri dari gangguan ini adalah ketika seseorang mengalami perubahan suasana hati yang ekstrem dalam waktu relatif singkat. Beberapa contoh dari gangguan jenis ini adalah depresi, perubahan emosi saat fase pra menstruasi, dan juga bipolar.

2. Gangguan psikotik

Gangguan ini bisa dikatakan gangguan mental yang cukup berat. Biasanya ini akan melibatkan pikiran dan kesadaran yang menyimpang. Salah satu gejala dari gangguan psikotik adalah seperti mendengar suara yang sangat banyak dan mengganggu serta halusinasi.

Contoh dari gangguan jenis ini adalah skizofrenia, yaitu selalu merasakan ada suara-suara acak yang sangat mengganggu.

3. Gangguan kecemasan

Jenis gangguan yang memiliki nama lain anxiety disorder ini akan membuat orang memandang dan merespons sesuatu secara berlebihan, biasanya disertai dengan rasa panik, takut, berkeringat, dan detak jantungnya berdetak dengan cepat.

Contoh dari gangguan ini adalah ketika seseorang merasa gugup saat melakukan wawancara, berbicara di depan umum, atau ketika berada di dalam kerumunan banyak orang.

Penyebab Gangguan Kesehatan Mental

kesehatan mental

1. Sering memendam amarah

Salah satu penyebab yang paling sering menimbulkan gangguan kesehatan mental adalah seringnya memendam amarah. Hal ini biasanya dilakukan karena orang tersebut terlalu takut untuk mengungkapkan apa yang dia rasakan. Padahal, jika ini dibiarkan terus menerus, seseorang bisa mengalami gangguan mental.

2. Kurang tidur

Kurang tidur juga memiliki andil yang cukup besar terhadap munculnya gangguan mental. Tidur merupakan kebutuhan alami setiap orang. Saat tidur, orang akan mengistirahatkan organ-organ yang bekerja seharian dan juga memulihkan energi, baik itu badan maupun pikiran.

Oleh sebab itu, kurang tidur akan berakibat kurang baik pada kesehatan otak yang bisa menimbulkan gangguan mental.

3. Pesimis

Bukan hanya mengancam masa depan seseorang, rasa pesimis juga akan membuat seseorang mengalami gangguan mental. Mereka akan sulit untuk menjalani hidup karena kurangnya motivasi dan rasa percaya diri dan cepat putus asa ketika menghadapi sesuatu.

4. Perfeksionis

Sikap perfeksionis memang tergolong ke dalam salah satu sikap yang perlu dihindari. Seseorang yang memiliki sikap ini akan menuntut hasil sesempurna mungkin dan tidak akan menoleransi satu kesalahan kecil saja.

Selain berakibat buruk pada hubungan dengan orang lain, memiliki sifat perfeksionis juga akan merugikan diri sendiri karena akan mengakibatkan dia selalu merasa kekurangan.

Mengatasi Gangguan Mental

bagaimana mengatasi kesehatan mental

1. Menerima

Langkah pertama dan merupakan cara yang paling tepat untuk mengatasi gangguan mental adalah menerima kenyataan bahwa dia sedang mengalami masalah mental.

Dengan menerima, ia akan lebih jernih dalam berpikir dan akan melancarkan proses penyembuhan gangguan mental tersebut. Menerima kenyataan juga akan meningkatkan kesadaran diri dan memastikan tidak sedang dalam halusinasi.

2. Berbagi dengan orang lain

Sejatinya, masalah pikiran akan jauh lebih mudah diselesaikan ketika seseorang berbagi cerita dengan orang lain. Setelah bercerita, otak akan merasa jauh lebih lega dan merasa jauh lebih baik.

Oleh sebab itu, curhat atau berbagi perasaan kepada orang lain adalah salah satu cara yang cukup ampuh untuk mengatasi berbagai gangguan mental.

3. Mengatur pola tidur

Orang yang sering begadang namun tetap banyak beraktivitas seharian memiliki kemungkinan cukup besar untuk mengalami gangguan mental. Jadi, akan lebih baik jika pola tidur benar-benar diperhatikan.

Setidaknya seseorang harus memiliki waktu tidur sekitar 6 jam untuk orang dewasa dan 8 jam untuk anak-anak. Karena tidur merupakan kebutuhan alami, hal ini benar-benar harus diperhatikan.

Mengetahui berbagai masalah kesehatan seperti ini sangat penting untuk setiap orang. Selain bisa membantu diri sendiri, dengan pengetahuan yang cukup, kita bisa membantu orang lain. Saat ini informasi tentang kesehatan sangat mudah ditemui, salah satunya adalah di situs Halodoc.

Dengan bantuan Halodoc, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter secara online tanpa harus bertatap muka sehingga lebih mudah mengatasi masalah kesehatan.