Inilah Ciri-Ciri Aki Rekondisi yang Bisa Membuat Kendaraan Anda Rusak

Aki rekondisi memang memiliki dampak yang sangat buruk bagi kendaraan. Sayangnya, kini sudah banyak beredar penjual aki bekas untuk mendapatkan keuntungan pribadi. Oleh sebab itu, sangat penting Anda mengetahui ciri-ciri aki rekondisi agar tidak salah beli. Untuk penjelasannya, silakan perhatikan berikut ini.

Ciri-Ciri Aki Rekondisi

1. Sering dijual di pinggir jalan

Satu lagi ciri yang sangat khas dimiliki oleh aki rekondisi. Aki ini biasanya dijual tidak di toko besar, melainkan hanya di pinggir jalan. Biasanya, penjual akan memasang plang untuk menarik perhatian dengan cara menuliskan harga yang cukup miring. Jika Anda ingin membeli aki, pastikan membeli di toko-toko resmi, bukan di pinggir jalan untuk mengurangi risiko membeli aki rekondisi.

2. Harga jauh di bawah pasaran

Ciri lain dari aki rekondisi adalah harganya yang sangat murah. Normalnya, aki baru mempunyai harga sekitar Rp600.000,00 hingga Rp4.000.000,00 tergantung dari jenis dan mereknya. Aki rekondisi akan dijual jauh dari harga tersebut, yakni hanya sekitar Rp150.000,00 sampai dengan Rp250.000,00 saja. Jika Anda menemukan aki dengan harga seperti itu, sebaiknya Anda perlu waspada.

3. Tidak memiliki garansi penuh

Aki yang baru biasanya akan dilengkapi dengan garansi penuh oleh pabriknya. Durasi garansi ini sekitar satu tahun terhitung dari waktu pembelian. Jika aki yang hendak Anda beli memiliki masa garansi di bawah waktu tersebut, maka berhati-hatilah. Bisa jadi aki tersebut merupakan aki rekondisi. Garansi yang diberikan biasanya hanya beberapa bulan saja.

4. Adanya goresan dan perubahan warna aki

Jika memang terpaksanya Anda harus membeli aki di pinggir jalan karena alasan tertentu, cobalah untuk mengeceknya secara detail. Cek pada bagian cover, warna permukaan, dan juga bagian kutubnya. Jika terdapat goresan pada kutubnya atau adanya perubahan warna aki, kemungkinan besar aki tersebut adalah aki rekondisi.

Jika Anda masih ragu, jangan sungkan untuk menanyakan kepada penjualnya. Bisa jadi hal tersebut terjadi karena ada beberapa alasan, bukan karena aki tersebut rekondisi. Namun, Anda harus menanyakannya dengan sopan dan tidak terkesan memojokkan.

Jadi, mulai saat ini Anda sudah tidak perlu khawatir lagi akan mendapatkan aki rekondisi. Dengan memperhatikan hal di atas betul-betul, semua itu tidak akan terjadi. Namun, tetap saja cara paling aman untuk membeli aki adalah membeli aki baru di toko resmi.