29 September 2022

Momen perayaan hari raya atau lebaran memang menjadi momen yang paling dinantikan oleh semua umat muslim di dunia tak terkecuali di Indonesia. Hari lebaran ini juga dianggap sebagai hari kemenangan bagi umat muslim setelah sebelumnya menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Tidak heran kalau banyak hal yang dipersiapkan untuk menyambut momen hari raya ini.

Saat merayakan hari lebaran ini juga biasanya di Indonesia ada satu tradisi yang tidak bisa dilewatkan yakni bersilaturahmi dengan sanak saudara. Biasanya saat momen lebaran banyak orang pulang ke kampung halamannya untuk merayakan momen lebaran tersebut bersama keluarga di kampung. Selain bersilaturahmi biasanya keluarga dirumah juga akan mempersiapkan aneka menu makanan yang biasa disajikan saat lebaran.

Biasanya menu lebaran di tiap keluarga bisa berbeda – beda tergantung dengan asal daerah maupun selera keluarga tersebut. Salah satu daerah yang memiliki makanan khas yang disajikan saat lebaran adalah masyarakat Betawi. Jika biasanya saat lebaran hampir setiap rumah menyediakan opor ayam atau sambal goreng kentang, maka masyarakat Betawi memiliki menu lebaran lain yang menjadi ciri khas bagi masyarakat Betawi.

Kira – kira apa saja menu makanan lebaran khas Betawi yang selalu dibuat saat merayakan hari raya tersebut ? Berikut beberapa menu lebaran khas Betawi yang bisa jadi inspirasi menu lebaran anda.

Ketupat khas Betawi

Ketupat memang menjadi salah satu menu khas lebaran yang selalu ada di setiap perayaan hari raya. Hal ini juga berlaku bagi masyarakat Betawi yang selalu menyediakan ketupat sebagai salah satu hidangan saat hari raya. Namun ketupat khas Betawi sedikit berbeda dengan penyajian ketupat pada umumnya. Biasanya ketupat Betawi disajikan dengan sayur godog, semur daging, dan sambal dalam satu hidangannya.

Dodol Betawi

Dodol Betawi merupakan salah satu makanan yang selalu ada di setiap hari penting atau perayaan yang dilakukan masyarakat Betawi, tak terkecuali saat hari raya Idul Fitri. Dodol Betawi ini merupakan salah satu cemilan khas Betawi yang dibuat dari campuran ketan, gula merah, gula pasir, dan juga kelapa. Biasanya dodol Betawi ini akan disajikan sebagai cemilan ataupun buah tangan untuk para kerabat maupun tamu yang berkunjung saat lebaran.

Tape Uli

Tape Uli ini juga merupakan salah satu makanan khas Betawi yang selalu tersedia setiap masyarakat Betawi merayakan hari penting seperti lebaran. Tape Uli ini merupakan makanan yang terdiri dari tape ketan dan juga uli. Hidangan ini memiliki cita rasa yang unik yakni gurih dari Uli dan juga sedikit manis dan asam dari tape ketan yang ada diatasnya.

Aneka Manisan

Aneka Manisan juga merupakan makanan khas Betawi yang selalu ada setiap kali merayakan hari raya. Biasanya aneka manisan ini terbagi kedalam dua jenis yakni manisan kering dan manisan basah. Manisan kering biasanya dibuat dari buah – buahan yang dikeringkan dan diberik taburan gula, sedangkan manisan basah biasanya lebih dikenal sebagai kolang – kaling.

Kue Satu

Kue Satu ini merupakan salah satu jenis cemilan atau kue kering khas Betawi yang selalu ada setiap lebaran. Hidangan yang satu ini dibuat dari tepung kacang hijau yang dicampur dengan gula kemudian dicetak menggunakan cetakan berbentuk bunga. Meskipun sederhana tetapi Kue satu ini merupakan cemilan legendaris yang selalu ada dan bertahan sampai saat ini.