Cara Pencegahan dan Cara Mengatasi Untuk Gejala Tipes Pada Anak

Tipes atau tifoid adalah infeksi menular yang dapat beresiko tinggi yang menyebabkan komplikasi dan mengancam nyawa jika ini terjadi pada anak dan terlambat diobati. Dan tidak hanya orang dewasa yang bisa mengalami penyakit tipes ini, sehingga orang tua harus mewaspadai gejala tipes pada anak anda.

Penyebab Terjadi Tipes Pada Anak

Cara Mengatasi Untuk Gejala Tipes Pada Anak

Penyebab demam tifoid ialah infeksi bakteri yang bernama salmonella typhi, yang memang bisa hidup di dalam makanan atau air kotor. Sehingga anak-anak sangat rentang terkena tipes yang di akibatkan kurang bersihnya makanan atau mainan yang anak-anak pegang. Ada juga fator lainnya dimana bisa disebabkan oleh sanitasi yang buruk, yang memang keburukan anak kecil yaitu suka memasukan tangan dan benda lain ke dalam mulut yang belu tentu bersih. Dan tipes juga bisa menular dengan kontak langsung dari orang yang sudah terinfeksi, karena anak kecil masih rentang terserang tipes dari pada orang dewasa karena daya tubuhnya belum terbentuk dan tidak sekuat orang dewasa.

Pencegahan Penyakit Tipes Pada Anak

1. Minum Air dan Sumber Yang Bersih

Memang dengan tersedianya air bersih dapat mencegah penyakit tipes pada anak, seperti gunakan air matang untuk mencuci, menyiapkan makanan, mebuat es batu hingga untuk menggosok gigi. Dan jika bepergian untuk memastikan minuman dalam kemasan dalam keadaan tersegel dan terjamin, dan berikan himbauan pada anak supaya tidak menelan air mandinya, selain untuk pencegahan dari penyakit tipes langkah ini cukup berguna untuk terhidar dari penyakit lainnya.

2. Imunisasi

Terdapat vaksinasi tifoid yang bisa diberikan pada anak untuk mencegah dan terhidar dari penyakit tipes, dan ada ikatan dokter anak Indonesia yang merekomendasikan pemberian vaksin tadi untuk anak-anak diusia di atas dua tahun dan ulangi setiap tiaga tahun sekali.

3. Memperhatikan Makanan Yang Dikonsumsi

Dan yang cukup penting yaitu memperhatikan apa saja yang dikonsumsi sang anak, seperti memastikan makanan telah benar-benar matang sebelum dikonsumsi dan batasi konsumsi makanan yang masih mentah.

4. Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan bisa dibilang poko yang paling penting untuk menjadi pencegahan dari infeksi bakteri S.typhi. contohnya selalu mencuci tangan dengan air bersih yang mengalir dengan air bersih baik setelah bermain, sebelum makan atau menyentuh yang lain.

Cara Mengatasi Penyakit Tipes Pada Anak

– Asupan Cairan Yang Cukup

Pastikan anda memberikan asupan cairan yang cukup pada anak, seperti memberikan susu atau air putih, bahkan jus. Yang memang bertujuan untuk anak tidak dehidrasi. Apalagi jika sudah mengalami mual dan muntah pasti itu membuat enek sang anak.

– Istiraha Yang Cukup

Memang dari setiap penyembuhan istirahatlah menjadi pemulihan yang paling ampuh. Anak anda untuk beritirahat yang cukup, yang memang tubuh akan membutuhkan energi yang cukup untuk melawan bakteri.

– Minum Anti Biotik

Untuk yang satu ini memang akan diberikan oleh dokter sesuai dengan resep antibiotik yang diberikan oleh dokter. Yang mana wajib untuk dihabiskan selama tujuh hari hingga empat belas hari. Yang mana antibiotik sendiri berfungsi untuk membunuh bakteri salmonella typhi hingga benar-benar sembuh.

– Jaga Kebersihan

Memang menjaga kebersihan sendiri selalu disinggung baik di pencegahan hingga cara mengatasi masalah penyakit ini. Seperti menjaga kebersihan lingkungan sekitar rumah, baik di kamar tidur hingga kamar mandi, dan selalu pastikan anak selalu mencuci tanngi baik sebelum makan atau setelah memegang baik benda atau apapun itu.