3 Juli 2022

Banjir adalah salah satu bencana alam yang sering sekali terjadi di berbagai daerah yang ada di negara Indonesia. Bencana yang satu ini juga bisa saja merenggut nyawa manusia.

Curah hujan yang sangat tinggi dan penebangan hutan yang cukup sering dilakukan menjadi salah satu penyebab utama dari bencana banjir. Intensitas hujan yang tinggi juga bisa membuat volume air yang ada di daratan jadi lebih tinggi.

Jika air yang ada ini tidak bisa diserap dengan baik maka air ini  bisa membuat banjir di area permukiman. Jika ingin mencecah banjir sebaiknya Anda lakukan dulu pencegahan di area sekitar lingkungan Anda dulu. Ini dia beberapa cara mencegah banjir untuk area pemukiman:

Tanam Pohon di Sekitar Rumah

Supaya lingkungan rumah Anda tidak banjir sebaiknya Anda ini menanam pohon, jika ada banyak tanaman hijau di sekitar rumah Anda maka hal tersebut sangat baik untuk mencegah banjir. Tanaman yang ada ini bisa membuat lubang untuk jadi jalur air masuk ke dalam tanah. Jadi jika turun hujan penyerapan air di sekitar lingkungan rumah ini akan sangat baik.

Buang Sampah pada Tempatnya

Salah satu hal yang sangat penting untuk mencegah terjadinya banjir di lingkungan rumah ini adalah dengan membuang sampah ditempatnya. Kebiasaan yang satu ini jika tidak di lakukan dengan baik sudah pasti akan berdampak buruk untuk lingkungan sekitar. Dengan membuang sampah sembarangan bisa membuat lingkungan sekitar jadi terlihat kotor, membuat aliran sungai jadi terhambat, dan membuat banjir bandang. Jika banyak sampah yang tersangkut akan membuat aliran dari sungai jadi terhenti dan volumenya ini jadi semakin membesar.

Membuat Sumur Serapan

Membuat sumur serapan juga bisa sangat efektif untuk mencegah banjir, sumur serapan ini bisa mengurangi potensi banji karena air ini akan terserap baik ke tanah. Membuat sumur serapan ini sangatlah penting apalagi bagi Anda yang tinggal di area permukiman yang memiliki lapisan aspal lebih banyak.

Menata Sistem Penyaluran Air

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menata sistem penyaluran air dengan benar, misalnya dengan melakukan penataan ulang untuk air di sekitar rumah supaya air hujan yang turun ini tidak jadi menumpuk di atas aspal. Bagi Anda yang memili halaman sebaiknya Anda jangan tutup semua bagian halaman Anda dengan aspal. Sangat di sarankan sebaiknya seluruh halaman ini hanya dari tanah, tapi jika tidak memungkinkan Anda bisa memasang paving blok.

Membersihkan Selokan

Membersihkan selokan yang ada di sekitar rumah dengan rutin ini bisa jadi salah satu cara baik untuk mencegah banjir terjadi, kegiatan ini bisa Anda lakukan dengan cara gotong royong.  Coba buat kegiatan kerja bakti seminggu sekali dengan tetangga sekitar untuk membersihkan selokan.

Hindari Menebang Pohon Secara Liar

Hal terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan jangan menebang pohon secara liar. Kita sudah tahu jika pohon ini memiliki peranan yang sangat penting untuk bisa meresap air. Jika ada kejadian penebangan pohon secara liar dan besar hal tersebut maka bisa memicu terjadinya banjir. Selain itu penebangan ini juga bisa menimbulkan bencana longsor. Bencana longsor ini akan terjadi jika tidak ada lagi tanah yang bisa menahan beban dan air ini akan terus menerpa. Jika hal ini  bisa jadi lebih parah jika lokasinya ada di bagian tebing yang cukup curam.