Menebus Doa Kepada Orang Tua yang sudah Meninggal

Biasanya setelah orang tua meninggal,seringkali orang mengingat kembali kesalahan dan dosa yang perna dilakukan kepada orang tua. Secara tidak langsungpun tersadar bahwa tentunya tidak bisa meminta maaf secara langsung sama seperti saat mereka masih hidup.  Namun ada  cara yang bisa dilakukan untuk menebus  kesalahan kepada orang tua.

Kebaikan yang telah diberikan oran tua tidak akan pernah bisa terbalaskan meskipun dengan sisi dunia ini. Berbakti kepada mereka pun tidak hanya dilakukan saat mereka masih hidup namun lakukanlah itu setelah mereka tiada. Jika selama hidup seseorang dapat berbakti dengan cara menyenangkan orang tua, menuruti setiap perkataaanya serta selalu berbuat baik kepadanya. Maka  cara untuk berbakti kepada orang tua ketika mereka meninggal dunia adalah mendoakan mereka, selain itu usahakan untuk selalu datang melakukan ziarah kubur.

Ziarah ke makan orang tua atau kerabat meskipun letaknya berbeda kota dengan anak-anak serta kerabatnya yang masih hidup.  Bahkan cara ziarakubur ke makan orang tua adalah cara yang bisa kalian lakukan untuk menebus dosa dan kesalahan terhadap orang tua yang telah  meninggal dunia. Jika kalian pernah berbuat kesalahan dan dosa dan belum sempat untuk meminta maaf maka cobalah untuk berziarah kubur agar dapat menebus kesalahan tersebut.

Selain dengan ziarah kubur ada banyak cara berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal adalah memohon ampunan dan medoakan kebaikan untuk keduanya, meminta rahmat kepada orang tua dari orang yang masih hidup apalagi untuk keturunannya, menunaikan janji orang tua yang belum tersampaikan, termasuk melaksanakan wasiat keduanya. Bersahabat dengan teman-teman orang tua, termasuk sahabat akrabnya, rekan dan kerabat orang tua.

Menjaga hubungan kekerabatan dengan berbuat baik kepada paman dan bibi baik dari ayah maupun ibu, berbuat baik kepada semua kerabat akan memuliakan orang tua. Selain itu melunasi utang atau janji orang tua apabila semasa hidup orang tua masih memiliki utang yang belum terbayatkan hingga mereka tiada, maka kewajiban seorang anak untuk melunasinya.

Jika tidak tahu menahu tentang utang dan janji apa saja kamu dapat bertnaya kepada orang terdekat atau kerabat yang merasa diberi utan atau janji. Hal ini dihindari untuk tidak memberatkan orang tua yang telah tiada.

Menjaga nama baik orang tua adalah salah satu cara untuk menebuds dosa-dosa kepada mereka. Menjaga nama orang tua sudah menjadi kewajiban seorang anak berbakti kepada orang tua yang meninggal kepada orang tua sekalipun mereka telah tiada. Kalian tetap bisa menjaga rahasia didalam keluarga dan menunjjukan citra yang baik serta tidak menyebarkan kejelekannya kepada orang lain. Seorang anak harus tetao menjaga nama baik orang tua hal itu sama saja dengan menjaga perasaan mereka.