Perkembangan 3 Bulan Pertama Bayi yang Penting

Pada usia 3 bulan, si Kecil makin sering tersenyum dan menirukan ekspresi wajah Ibu. Ia juga akan mulai belajar meraih mainan dan berinteraksi dengan orang lain. Apa saja perkembangan yang terjadi pada bayi 3 bulan, yuk simak :

Tersenyum dan Ajak Bicara

Saat ini, si Kecil semakin sering tersenyum pada Ibu. Nikmatilah saat-saat ia tersenyum dan menirukan ekspresi wajah Ibu, juga saat ia mulai mengoceh dan menirukan suara Ibu. Pada usia 2-3 bulan, si Kecil mulai dapat membuat suara-suara seperti “aah” atau “uuh” yang dikenal dengan istilah cooing. Si Kecil senang bereksperimen dengan berbagai bunyi yang dapat dihasilkannya, misalnya suara menyerupai berkumur. Si Kecil juga mulai bereaksi terhadap orang lain dengan mengeluarkan suara. Ibu bisa merespon dengan baik tiap kali ia bersuara atau menangis (Mengenal Tangisan Bayi), karena hal ini akan membuat si Kecil merasa diperhatikan dan disayang.

Mengangkat Kepala

Ibu tidak lagi perlu menyangga kepala si Kecil. Dalam posisi tengkurap, ia bisa mengangkat kepala dan dadanya seperti push-up. Kelak, kemampuan ini penting untuk belajar berguling. Ia bisa membuka dan menutup tangannya, memegang mainan, menggerak-gerakkannya, memasukkan tangan ke mulut, dan menegakkan kakinya saat berdiri sambil dipegangi.

Koordinasi mata dan tangannya juga mulai berkembang. Si Kecil mulai mengikuti objek yang menarik dan senang menatap wajah orang. Ia sudah bisa mengenali Ibu sejak Ibu masuk ke kamarnya.

Belajar Meraih Mainan

Sering tengkurapkan si Kecil agar ia belajar memperkuat otot-ototnya. Taruh mainan berwarna cerah dan menarik di dekat si Kecil saat ia tengkurap agar ia dapat meraih, memegang, dan mengeksplorasinya. Beri perhatian yang banyak kepada si Kecil dan ajak ia bicara setiap waktu. Ceritakan pada si Kecil apa yang Ibu kerjakan dan beri tahu nama-nama objek di sekitar rumah. Bacakan buku cerita pada si Kecil, dan pujilah usahanya untuk berguling, memegang mainan, dan “berbicara” pada Ibu.

Belajar Berinteraksi dengan Orang Lain

Si Kecil mulai mengenali lingkungan sekitarnya. Ajak si Kecil melihat ke cermin, ia akan suka memerhatikan bayangan di dalamnya, meskipun ia belum menyadari bahwa bayangan di dalam cermin adalah dirinya. Si Kecil akan mulai memerhatikan saat Ibu bicara padanya, dengan melepas dot atau payudara Ibu saat menyusu. Teruslah bicara padanya, dan perhatikan apakah ia akan “menjawab” Ibu.

Tentunya sangat senang jika melihat perkembangan bayi telah sesuai dengan umurnya. Selain itu Ibu juga perlu memperhatikan kebutuhan penting lainnya untuk si kecil ,yaitu popok. Berbagai harga popok bayi ditawarkan, sebaiknya carilah popok yang telah teruji baik untuk kulit si kecil seperti popok Merries. Selalu amati pertumbuhan dan perkembangan bayi ya ibu, bila ada keterlambatan segera konsultasikan kepada dokter.