Infertilitas atau yang sering disebut ketidaksuburan pada pasangan sering kali menjadi hambatan pasangan untuk memiliki anak. Padahal memiliki buah hati dan membangun keluarga yang penuh dengan ke harmonisan merupakan suatu hal yang menjadi impian bagi pasangan suami istri.

Sebenarnya, masih banyak cara yang dapat dilakukan oleh pasangan suami istri dalam usaha untuk memiliki anak, yaitu dengan melakukan program kehamilan. Program kehamilan konvensional biasanya dijalankan dengan memperbaiki pola hidup dimulai dari pola makan, pola tidur, dan pasangan harus mengatur pola olahraga agar tubuh dapat menunjang.

Namun, ada pula program kehamilan yang ditawarkan oleh sisi medis, di antaranya adalah :

1. Konsumsi obat kesuburan
Mengkonsumsi obat kesuburan merupakan salah satu metode yang sering kali dijadikan alternative oleh pasangan suami istri dalm mengatasi infertilitas dan sedang menjalani program kehamilan. Obat kesuburan banyak tersedia dalam bentuk pil maupun dalam bentuk obat suntik.

Obat kesuburan ini umumnya mengandung hormon yang bertujuan untuk meningkatkan produksi sel telur atau ovum yang memperbesar potensi wanita untuk dapat hamil

2. Program inseminasi buatan
Program alternative inseminasi buatan dilakukan dengan cara menyuntikkan sperma langsung ke dalam Rahim dengan bantuan kateter. Tingkat keberhasilan teknik inseminasi buatan ini lebih tinggi daripada metode alternative lainnya.

Prosedur inseminasi buatan sebenarnya sederhana namun tentu saja tetap memerlukan perhatian yang tinggi

3. Donor sel telur dan embrio
Jika ketidaksuburan datang dari sisi wanita, hal yang dapat dilakukan adalah donor sel telur dari orang ketiga lalu di kombinasikan dengan sperma pasangan untuk membentuk embrio. Namun jika ketidaksuburan datang dari sisi pria, yang dilakukan adalah donor embrio yang diperoleh dari donor.

Donor sel telur maupun donor embrio dilakukan di dalam laboratorium dan embrio yang sudah terbentuk kemudian d injeksikan ke dalam Rahim istri untuk kemudian berkembang

Kunjungi website resmi Bocah Indonesia untuk mendapatkan informasi lanjutan. Di dalam website tersebutanda juga bisa langsung berkonsultasi secara online dan menjadwalkan konsultasi langsung dengan ahli, bahkan anda bisa menjadwalkan perawatan yang akan anda pilih sebagai program kehamilan alternatif.