Tips Memilih dan Cara Merawat Tas Ransel Untuk Bepergian

Suka bepergian untuk menjelajahi berbagai daerah, pastinya membutuhkan perangkat yang lengkap. Salah satunya tas ransel yang akan jadi tempat Anda menyimpan berbagai perlengkapan, sekaligus memaksimalkan kenyamanan selama perjalanan.

Tas dengan cara pakai disandang pada bahu ini, memang banyak dipilih. Apalagi sekarang banyak desain kekinian yang membuatnya tampil lebih menarik, memiliki kesan tangguh, hingga multifungsi. Berikut ini, tips yang wajib Anda terapkan saat memilih tas yang tepat. Termasuk bagaimana cara merawatnya agar lebih awet.

Tips Memilih Tas Ransel

Lima tips berikut, adalah solusi terbaik Anda untuk menemukan sebuah tas jenis ransel yang cocok untuk dipakai. Mulai dari tujuan menggunakan tas, sampa harga dari tas tersebut.

Untuk Apa Anda Beli Ransel?

Tentukan terlebih dahulu apa tujuan Anda membeli tas tersebut, apakah untuk traveling sehingga tas akan dijadikan tempat menyimpan semua barang bawaan. Atau untuk aktivitas harian ke sekolah, kampus, atau tempat kerja sehingga saat harus berdiri di dalam bis atau kereta maka Anda tidak akan ribet.

Bahan Tas Terbaik

Pilih tas yang dibuat dari bahan kuat dan tidak mudah rusak. Apalagi, jika Anda mau menggunakan tas ransel untuk menyimpan banyak barang. Semakin kuat tas tersebut, tentu barang yang dibawa juga akan aman berada di dalamnya.

Sebagai referensi, pilih tas berbahan kulit asli karena memiliki kekuatan ekstra akibat proses pengeringan kulit dan pembuatan tas yang lebih detail. Selain itu, Anda juga bisa pilih bahan kulit imitasi yang juga punya kekuatan dan keawetan terbaik.

Desain

Desain dari tas ini juga perlu diperhatikan, mulai dari kemudahan membuka setiap slide dari tas tersebut. Bagaimana desain resletingnya, hingga desain dari tali yang akan disandang oleh bahu nantinya.

Detail desain akan membantu Anda untuk menemukan tas terbaik. Karena dengan desain yang tepat maka fungsi tas tersebut akan bisa dirasakan lebih baik.

Tahan Air Atau Tidak

Ketika Anda memilih tas jenis ransel ini, juga harus dipastikan apakah tas tersebut tahan air atau tidak. Kalau Anda akan menggunakannya di alam terbuka saat traveling atau mengendarai motor maka pastikan tas tersebut memiliki lapisan tahan air atau cover bag yang akan mencegah air masuk ke bagian dalam tas.

Berapa Harganya?

Jangan lupa untuk mengidentifikasi berapa harga dari tas ransel yang mau dibeli. Apakah sesuai dengan budget shopping Anda kali ini, atau malah terlalu mahal.

Begini Cara Merawat Tas Ransel Kesayangan

Setelah Anda mendapatkan tas yang sesuai keinginan dan kebutuhan, jangan hanya bisa menggunakannya saja. Tapi, Anda juga harus menjaganya dengan baik agar kapanpun Anda mau pakai tinggal ambil dari lemari penyimpanan.

Jangan Over Capacity

Pada bagian bawah tas biasanya ada informasi tentang berapa kapasitas beban yang bisa dibawa menggunakan tas tersebut. Jadi, jangan sampai barang yang Anda masukkan ke dalam tas tersebut memiliki berat melebihi kapasitas angkut dari tas.

Memanfaatkan Kertas dan Busa

Saat penyimpanan, Anda sebaiknya mengisi bagian dalam tas dengan kertas yang tidak terpakai. Bisa juga dengan menempatkan busa-busa bekas, supaya bentuk dari tas tetap seperti awal dipakai.

Jika dibiarkan penyimpanan dalam kondisi kosong, maka tas akan rentan mengalami kerusakan lebih cepat.

Simpan Silica Gel

Saat pembelian sebuah tas jenis ransel, biasanya di dalam tas tersedia silica gel yang punya fungsi menjaga keawetan tas dan meminimalisir kelembaban di dalam dan luar tas.

Anda juga bisa memanfaatkan silica gel untuk memastikan tas tidak berjamur, tidak lembab, dan tidak rentan rapuh. Anda bisa menempatkan gel tersebut di dalam atau di bagian samping tas.

Jadi, Anda tidak perlu bingung lagi untuk memilih tas ransel yang akan dibeli. Pakai saja tips di atas untuk menemukan tas impian Anda, lalu jangan lupa merawatnya agar tidak mengalami kerusakan yang sering terjadi pada tas jenis itu.