4 Oktober 2022

Telkomsel belum lama ini telah mengeluarkan produk terbaru mereka bernama By U. Provider tersebut dihadirkan guna memfasilitasi para anak muda untuk mendapatkan SIM Card dengan lebih mudah dan serba online.

Namun, terlepas dari tujuan tersebut, nyatanya pada By U masih sering terjadi gangguan. Salah satu yang sering dialami oleh pengguna adalah kuota By U tidak masuk padahal sudah dibeli.

Sebenarnya, untuk masalah seperti ini merupakan hal yang umum terjadi pada semua provider. Biasanya, terdapat beberapa hal yang menyebabkan hal seperti ini terjadi.

Lantas, apa sajakah hal yang mungkin menjadi penyebab masalah ini? Dan bagaimanakah langkah yang harus diambil pengguna saat mereka mengalaminya? Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda dapat simak penjelasan di bawah ini.

Penyebab By U Mengalami Gangguan

Seperti dikatakan sebelumnya, terdapat beberapa hal yang biasanya menyebabkan gangguan muncul. Berikut ini adalah penyebab-penyebab terjadinya masalah pada kartu By U Anda:

  • Sedang dilakukan pemeliharaan jaringan sehingga jaringan internet menjadi tidak stabil atau mati
  • Sisa kuota By U sudah habis
  • Lokasi berada di luar coverage area dari provider sehingga sinyal hilang/lemah
  • Cuaca di luar sedang buruh dan menyebabkan kecepatan internet lambat
  • Terdapat kesalahan pada pengaturan APN kartu By. U
  • SIM Card mengalami masalah sehingga membuatnya tidak bisa dideteksi oleh smartphone

Hal-hal di atas memang sering kali dapat membuat By.U mengalami gangguan. Bisa saja saat kuota tidak kunjung masuk ke aplikasi, salah satu penjelasan di atas menjadi alasannya.

Cara Mengatasi Kuota By U Tidak Masuk

Lalu, bagaimana jika gangguan kuota belum masuk ini sudah telanjur menimpa? Tenang saja, dari pihak provider sudah memberikan jalan untuk melakukan laporan pengaduan masalah seperti ini. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengatasi gangguan pada By U.

1. Buka Aplikasi

Pertama, Anda dapat masuk ke aplikasi By. U di smartphone. Kemudian, pilihlah menu “Daftar Transaksi”. Setelah itu akan muncul data berbagai transaksi. Pilih saja transaksi pembelian kuota yang belum masuk tadi.

2. Menghubungi Agen Live Chat

Setelah memilih transaksi yang akan dilaporkan, selanjutnya Anda dapat menghubungi agen live chat. Caranya cukup pilihlah menu “Klik Jika Bermasalah” pada bagian transaksi bermasalah.

Kemudian, pilih menu “Pembelian Belum Masuk” karena masalah dalam hal ini adalah kuota belum masuk. Jika sudah, pilih “Chat Kami” untuk mulai melakukan komunikasi.

3. Jelaskan Masalah

Untuk memudahkan pelaporan, Anda bisa gunakan format form berikut:

  • Masalah yang dihadapi:
  • Email akun by.U:
  • Nomor by.U:

Jika semua sudah terisi, jangan lupa juga untuk mencantumkan bukti bayar transaksi serta halaman detail paket yang dibeli. Apabila semua laporan sudah lengkap, Anda tinggal tunggu saja tindakan dari pihak By. U.

Seperti itulah tadi cara mengatasi masalah kuota by u tidak masuk. Selain mengatasi masalah kuota, cara ini juga bisa digunakan apabila Anda mengalami kendala lainnya. Apabila Anda ingin mengetahui informasi lain terkait dengan kartu By.U, segera saja buka alamat websitenya di byu.id.