Keberadaan kursi kerja di perkantoran sangat penting tidak hanya sekedar sebagai tempat duduk namun sekaligus meningkatkan produktivitas para pekerja. Sebuah penelitian bahkan menunjukkan bahwa pemilihan kursi kerja yang tepat mampu meningkatkan 17,5 persen produktivitas dari para karyawan. Untuk itu, mengikuti tips memilih kursi kerja yang tepat harus dilakukan agar Anda tidak salah pilih kursi.

Panduan dalam Memilih Kursi Kerja Kantor Agar Tak Salah Pilih

Faktor kenyamanan para pekerja di dalam ruangan kantor sangat dipengaruhi dari mulai tempat duduk hingga meja tempatnya bekerja. Jangan sampai tempat duduk dan meja yang salah membuat produktivitas menurun karena rasa nyeri yang timbul di punggung karena salah posisi.

Bagaimana pertimbangan dalam memilih jenis kursi kantor? Apa saja syarat kursi kantor yang baik? Berikut adalah beberapa tips memilih kursi kerja kantor yang tepat:

1. Cari Kursi Kantor yang Memiliki Sandaran Lengan
Sandaran lengan seringkali dianggap tidak terlalu penting saat seseorang membeli kursi kantor. Padahal, keberadaan sandaran lengan pada kursi kantor akan membuat karyawan merasa lebih nyaman saat duduk. Karyawan yang kelelahan dan ingin menyandarkan diri sejenak bisa meletakkan tangannya yang lelah dan pegal di sandaran lengan kursi.

Desain sandaran lengan yang baik adalah yang dapat membentuk sudut sebesar 90 derajat dari lengan bagian atas. Sebaiknya, pilih sandaran lengan kursi yang ketinggiannya dapat diatur. Kegunaan sandaran lengan yang dapat diatur adalah untuk menyesuaikan posisi lengan atas agar posisinya tetap nyaman. Sandaran lengan yang dapat diatur ini akan membantu mengurangi ketegangan orang yang duduk baik pada sendi leher hingga bahu.

2. Lebih Baik Jika Bentuk Sandaran Belakangnya Sesuai dengan Tulang Punggung
Kebanyakan sandaran belakang kursi dibentuk lurus. Padahal, bentuk ini kurang tepat bagi postur tubuh mengingat bentuk tulang punggung orang yang tidak sekedar lurus. Untuk mengurangi ketegangan pada tulang punggung, sebaiknya pilih kursi kantor yang memiliki bentuk seperti tulang punggung. Dengan begitu, kursi ini akan membuat orang yang duduk merasa nyaman karena bentuknya sesuai dengan bentuk asli tulang punggung.

3. Perhatikan Posisi Bantalan dan Dudukan
Posisi bantalan dan dudukan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan dari orang yang duduk. Pastikan bahwa desain dudukan kursi kantor tersebut sesuai dengan lekukan anatomi pada tubuh. Dengan begitu, saat Anda duduk, lekukan tubuh dari panggul Anda dapat disandarkan dengan nyaman di bantalan kursi.

Selain bentuknya yang mengikuti anatomi tubuh, sangat penting untuk memperhatikan kekerasan dari dudukan dan bantal kursi. Pilihlah bahan busa untuk dudukan dan bantalan yang tepat. Bantalan yang tepat tidak terlalu empuk ataupun keras namun tetap dapat mengakomodir lekukan tubuh.

4. Pilih yang Memiliki Kaki Beroda
Adanya kaki beroda pada kursi kantor akan memudahkan fleksibilitas dari seseorang yang duduk di atasnya. Dengan begitu, orang tersebut dapat bergeser ke tempat di sekelilingnya tanpa perlu bangkit dari tempat duduknya. Pastikan bahwa roda tersebut cukup luwes saat berputar.

5. Ketinggian Kursi Sangat Penting
Ketinggian para karyawan di kantor tentu berbeda-beda. Padahal, Anda tidak mungkin mengcustom satu persatu kursi kantor sesuai dengan ukuran tinggi badan seorang karyawan. Oleh sebab itu, pastikan bahwa tinggi kursi kantor yang Anda beli dapat diatur ketinggiannya.

Mengatur tinggi kursi kantor sangat penting mengingat ketinggian ini berpengaruh terhadap kesehatan dan juga kenyamanan dari para karyawan. Salah satu indikator kenyamanan dilihat dari ketinggian kursi adalah ketinggiannya yang cukup sehingga para karyawan yang duduk dapat menapakkan kakinya dengan nyaman di lantai agar tidak menggantung. Pastikan pula sudut antara paha dan juga tungkai kaki membentuk 90 derajat.

Pilih Kursi Kantor Terbaik di Bhinneka.com

Setelah memerhatikan tips memilih kursi kerja kantor terbaik di atas, selanjutnya yang tidak kalah penting adalah membeli di tempat yang tepat. Bhinneka.com menjadi salah satu tempat berbelanja furniture kantor dan rumah terbaik.

Bhinneka.com adalah toko online yang telah berdiri sejak tahun 1993 dengan pengalaman dalam memasok segala jenis furniture dan merk kursi kantor paling bagus. Bhinneka juga menerima pembayaran secara cicilan. Anda bisa mencicil dengan kartu kredit maupun tanpa kartu kredit dengan bunga 0%. Hal ini akan meningkatkan kenyamanan Anda berbelanja.

Dapatkan kriteria kursi kantor idaman Anda hanya di Bhinneka.com. Kunjungi sekarang juga!